Tertidur Di Kelas Dapat Tingkatkan Daya Ingat

Terkadang, mendengarkan penjelasan dosen atau guru di depan kelas bisa jadi sangat membosankan dan menyebabkan ngantuk. Itu sebabnya banyak kejadian lucu terjadi sehubungan dengan mahasiswa atau siswa yang tertidur di kelas. Tidur memang memiliki banyak fungsi. Selain agar tubuh kembali segar, percaya atau tidak, fungsi lainnya adalah menjadi fasilitator belajar.

Baru-baru ini sebuah studi menemukan bahwa ketika kita memperoleh informasi baru, dan seberapa cepat kita tidur setelah itu, dapat mempengaruhi retensi (penyimpanan) kita terhadap info tersebut. Itu menurut penelitian di jurnal Public Library of Science One.

Dikutip dari Scientific America, 24/03/12, beberapa ilmuwan melakukan tes terhadap 200 orang yang menghafal kata-kata terkait seperti “api dan asap,” atau pasangan kata yang tidak berhubungan seperti “serangga dan kebenaran.”

Sebagian orang mempelajari kata-kata tersebut pada pukul 9 pagi, sedang yang lain pada pukul 9 malam.

Para peneliti tersebut lantas menguji kemampuan subyek untuk mengingat kembali hafalan pasangan kata setelah 30 menit, 12 jam atau 24 jam.

Ternyata, subjek yang tidur di antara waktu menghafal dan waktu tes, memiliki kemampuan lebih besar dalam mengingat kata yang mereka hafal dari pada subjek yang tidak tidur.

Yang paling menarik adalah, subjek tes yang tidur segera setelah menghafal, akan lebih mudah mengingat dari pada mereka yang beraktifitas atau terjaga dalam waktu lama, sebelum tidur.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa, tidur bisa meningkatkan daya ingat. Apalagi jika menghafal atau belajar itu dilakukan sesaat sebelum tidur

 

Sumber : http://mobile.seruu.com/keluarga/kesehatan/artikel/tertidut-di-kelas-dapat-tingkatkan-daya-ingat

Tentang asyerammay
always think positive, atusias, genius, have big dreams, and always spirit, God is everything in my life.

Tinggalkan komentar

Mau duitt,, gratis loh buruan klik link di bawah. ini .mantap benarrr

new

My Facebook

Counter

Banner LINK

new flagcounter

Pagerank

Histats

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabung dengan 2.934 pelanggan lain

MP3

videokeman mp3 Summer Paradise Ft. Sean Paul – Simple Plan Song Lyrics